Tuesday, 29 October 2019

Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Membangun Bisnis Baru Anda


TOPbisnis.co.id - Memulai suatu bisnis dalam bidang apa pun, pasti tidak mudah. Tantangan dan hambatan akan selalu menghampirimu. Apa lagi ketika kamu masih dalam tahap membangun pondasi bisnis. Jangankan ketika mencari pelanggan dan mendapatkan keuntungan. Pada saat perencanaan atau membuat model bisnis, kamu pun akan menemukan kesulitan.

Setiap ide yang muncul mungkin akan terdengar bagus dan bakal berhasil. Tapi, ketika kamu coba dan aplikasikan, ide tersebut malah tidak berhasil. Kamu sulit mendapatkan klien, ketika pasar yang kamu tetapkan ternyata tidak tepat. Atau, eksekusi produkmu selalu saja gagal. Untuk menanggulangi hal ini, sepertinya yang harus kamu ubah bukannya ide atau produk. Tapi pola pikir dan sikap yang ada dalam dirimu.

Adam Ochstein, pendiri sekaligus CEO StartEx, mengatakan kepada majalah Fortune, ada empat hal yang tidak boleh kamu lakukan pada saat mendirikan sebuah bisnis baru. Karena, keempat hal negatif ini akan menjauhkanmu dari kesuksesan. Bahkan, juga bisa menghancurkan karier dan keuangan masa depanmu.

Dikutip dari laman bintang.com, berikut ini keempat pola pikir yang harus dihindari, ketika memulai membangun bisnis baru:

1. Jangan pernah katakan tidak.

Ochstein mendirikan StartEx tahun 2001. Selama dua tahun, perusahaan yang bergerak dibidang SDM ini perkembangannya masih sangat lambat. Kemudian, di tahun 2003, Ochstein memindahkan kantor StartEx ke Chicago dari New York. Banyak orang yang mengatakan kepadanya Chigaco bukan tempat yang bagus untuk StartEx. Bahkan ada juga yang mengatakan StartEx tak akan pernah bisa berhasil di Chicaco. Tapi, dia tetap yakin pada dirinya sendiri. Dan kini, StartEx menjadi salah satu perusahaan ternama, bukan hanya di Amerika Serikat saja, tapi juga dikenal di beberapa negara lain.

2. Jangan meremehkan orang lain.

Tak ada yang tahu akan jadi apa karyawan-karyawanmu di masa depan. Bahkan, OB atau OG di kantormu sekali pun! Karena itu, jangan pernah memutus hubungan baik dengan karyawan, klien, vendor, bahkan petugas kebersihan di pinggir jalan dekat rumahmu. Karena suatu saat, kamu akan membutuhkan mereka. Ochstein juga mengatakan kepada Fortune, berteriak kepada karyawan yang melakukan kesalahan pun akan merusak reputasi dan memutus hubungan baik.

3. Jangan mengeluh dengan keadaan yang serba tak sempurna.

Tidak ada permulaan yang sempurna dan semulus porselen. Ochstein mengatakan, jika ada seorang manajer, eksekutif, dan bahkan pendiri mengatakan apa pun yang sudah mereka lakukana sudah sempurna, mereka hanya berkhayal. Karena, tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk performa dan perkembangan perusahaan barumu. Jadi, nikmati saja prosesnya dan jangan berhenti untuk melakukan yang terbaik.

4. Jangan bekerja sendiri.

Mungkin memang hanya kamu yang memiliki ide cemerlang untuk membangun usaha ini. Pada saat membangun bisnis pun, kamu mengerahkan setiap tetes keringat dan memeras sisa-sisa tenaga. Ini akan membuatmu sulit menyerahkan tugas dan memercayakan karyawanmu untuk menangani beberapa hal. Tapi, kamu toh tak akan bisa bekerja sendirian. Kamu butuh bantuan orang lain untuk meraih kesuksesan.

Itu dia empat hal yang tidak boleh kamu lakukan saat membangun sebuah bisnis baru. Semuanya tak ada yang mudah dalam hidup. Kamu hanya tinggal berusaha lebih keras dan terus belajar. Dan yang penting, hindari emapt hal di atas yang hanya akan membuat bisnis barumu gulung tikar.
(source: bintang.com)

Advertisemen