Tuesday, 12 November 2019

Gimana Sih Cara Hitung Bunga Kartu Kredit Yang Sederhana dan Nggak Ribet?


TOPbisnis.co.id - Cara hitung bunga kartu kredit itu gimana sih? Buat kamu yang punya kartu kredit, kartu kredit bisa digunakan untuk belanja offline atau online. Kamu bisa pergi ke pusat perbelanjaan dengan menggunakan kartu kredit, terus beli produk yang kamu mau dengan cara dicicil. Nah, karena sistem membayarnya adalah dicicil, pasti ada skema cicilan dan juga perhitungan bunga.

Untuk kamu yang sudah punya kartu kredit, sangat penting untuk tahu seperti apa sih cara menghitung bunga pada kartu kredit yang kamu gunakan untuk beli barang denganc ara kredit. Biar nggak bingung, ini dia artikel yang bisa kamu simak.

Ketahui Dulu Ketentuan Yang Harus Dicicil Dalam Kartu Kredit


Dalam kartu kredit, terdapat beberapa istilah penting yang kamu harus tahu. Untuk memudahkan, kami akan sedikit mengulas apa saja ketentuan yang bersangkutan dengan cicilan dalam kartu kredit:

1. Installment

Dalam istilah kartu kredit, installment bermakna cicilan. Bahkan, jika ada barang dengan tulisan installment, itu artinya kamu bisa membeli barang tersebut dengan sistem cicilan. Installment itu juga bervariasi, seperti 0%, 1.5%, 1.9% dan lainnya. Inilah yang disebut bunga. Nah, dalam kredit mobil misalnya, pasti juga ada bunganya.  Nggak jauh beda dengan kredit rumah, atau juga kredit tanah.

Menggunakan kartu kredit untuk ambil barang kredit jauh lebih murah karena tidak perlu jaminan, dan kamu juga bisa mengambil cicilan untuk barang tersebut dengan lebih mudah. Kenapa mengunakan kartu kredit bisa mencapai bunga bervariasi bahkan sampai 3.2%? Hal ini tidak lain karena memang kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membeli barang tanpa dicicil dan bahkan tanpa jaminan. Bisa cicil barang tanpa jaminan juga jadi salah satu manfaat kartu kredit.

Jadi, bukan hal berlebihan kalo akhirnya bunga  setiap barang yang kamu beli dengan sistem kredit pasti tinggi juga. Semua tergantung kebijakan bank masing-masing. Misal, bank A mungkin menawarkan sistem kredit dengan nilai bunga yang lebih rendah dibandingkan bank B, dalam hal kartu kredit.

2. Tenor

Dalam promo kartu kredit, ada kalimat cicilan 0% tenor mulai dari 3 bulan atau bahkan 12 bulan. Nah, jadi apa sih maksud dari kata tenor? Tenor adalah masa atau jangka waktu untuk cicilan kartu kredit. Nah, kalo kamu pilih tenor 3 bulan, misalnya, itu berarti kamu cuman punya waktu selama 3 bulan untuk bisa melunasi cicilan yang sudah kamu ambil. Jadi, semakin pendek tenor yang kamu ambil, maka semakin sedikit juga bunga yang dibebankan. Semakin lama tenor yang kamu putuskan, maka semakin besar pula bunga yang harus kamu tanggung. Sama seperti ketika kamu beli motor yang dicicil selama 1 tahun besaran bunganya tentu berbeda dengan beli motor yang sama dan dicicil selama 3 tahun.

Cara Hitung Bunga Kartu Kredit Yang Cepat


Biar lebih gampang, mari kita coba bikin permisalan. Misal, kamu mau beli HP Huawei terbaru dengan menggunakan kartu kredit dan ingin kamu cicil selama 6 bulan (tenor), sedangkan bunganya yang dibebankan adalah 1.5%

Maka, cara menghitungnya adalah:
Anggap saja harga Huawei terbaru 12 Juta Rupiah, maka cara menghitung bunganya adalah:
15% x 12.000.000, yaitu 180.000
Jadi, bunga yang harus ditanggung adalah 180.000

Bagaimana cara menghitung cicilannya?
Yaitu, 12.000.000/ 6 bulan + bunga
= 2.000.000 + 180.000
= 2.180.000

Artinya, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 2.180.000 per bulan. Pembayan tersebut harus dilakukan rutin selama 6 bulan karena tenor yang diambil adalah 6 bulan.
Nah, gimana? Sekarang, kamu sudah tahu cara hitung bunga kartu kredit. Gampang kan?

0 Response to "Gimana Sih Cara Hitung Bunga Kartu Kredit Yang Sederhana dan Nggak Ribet? "

Post a Comment

Add your message to every single people do comment here!

Advertisemen